Pola Mengatur Keuangan Keluarga

Speaker: Mada Aryanugraha

Pelajari bagaimana caranya mengatur arus uang mu dalam keluarga agar keuangan di masa depan lebih terjamin. Karena masalah keuangan, bukan hanya terdampak bagi mereka yang memiliki penghasilan minim, namun mereka yang berpenghasilan besar pun bisa terdampak dari masalah keuangan jika tidak dikelola dengan bijak.

Value: Rp 500.000,

Harga saat ini

Rp 200.000,-

Mada Aryanugraha

Finance Consultant

Mada Aryanugraha sudah berkecimpung di dunia keuangan selama hamper 9 tahun. Saat ini beliau sedang menjalankan posisi sebagai Chief Executive Officer di sipundi.id dan aktif sebagai pembicara keuangan di berbagai acara. Berbagai studi tentang keuangan sudah diselesaikan oleh Mada, seperti Financial Planning Standards Board, Training of Trainers By ILO dan lain-lain.

Di chapter kali ini, Mada Aryanugraha akan membagikan strategi mengatur keuangan keluarga, mulai dari mengatur keuangan untuk anak dan orang tua, sampai bagaimana mengatur keuangan untuk rencana masa depan.

 

Kurikulum

Membahas mengenai keuangan terutama bagi yang sudah berkeluarga atau yang berencana akan berkeluarga, dan kali ini saya akan membagikan pengalaman dalam hal mengelola keuangan

Sebelum menikah penting untuk mengatur keuangan atau membicarakan manajemen keuangan dengan pasangan kita. Faktanya banyak keluarga yang sudah menjalankan bahtera rumah tangga dan muncul konflik yang dilatarbelakangi masalah keuangan.

Sangat penting untuk  mempersiapkan dana  menjelang kehadiran anak, dari mulai biaya untuk control ke dokter , biaya vitamin dan kelahiran. Ini harus dipersiapkan dan direncanakan jauh hari agar saat tiba waktunya nanti dapat berjalan sesuai rencana.

Setiap keluarga harus memperhatikan pemasukan dan pengeluaran. Alokasikan sesuai dengan pos kebutuhan seperti kebutuhan konsumsi, kebutuhan dana sosial , tabungan investasi dan cicilan hutang.

Sebelum menikah penting untuk mengatur keuangan atau membicarakan manajemen keuangan dengan pasangan kita. Faktanya banyak keluarga yang sudah menjalankan bahtera rumah tangga dan muncul konflik yang dilatarbelakangi masalah keuangan

Dalam pengelolaan keuangan keluarga yang sehat, terdapat tiga unsur yang harus diperhatikan , pertama dalam hal mengelola hutang , kedua bagaimana mengelola resiko kehidupan dan yang terakhir adalah mengenai dana darurat.

Tanpa sebuah tujuan keuangan yang jelas kita akan sulit melangkah atau menentukan investasi apa yang tepat yang akan dimiliki. Dan untuk kebutuhan pendidikan anak, pendidikan yang terbaik umumnya akan membutuhkan biaya yang besar, namun  berbicara mahal dan murahnya biaya pendidikan ada satu unsur yang mempengaruhi hal tersebut yaitu tergantung dari kesiapan atau kepemilikan dari dana tersebut.

Dengan keterbatasan kondisi fisik kita pada saat itu nantinya kita juga kehilangan produktifitas atau bahkan sumber penghasilan, maka persiapan usia pensiun perlu dilakukan. Penting untuk memiliki pasif income agar dapat memenuhi kebutuhan hidup kita, dan kita juga perlu mempelajari bagaimana  mengelolanya dengan baik tabungan hari tua sejak dini.

Penting untuk dapat menentukan Instrument investasi yang nantinya dapat memenuhi tujuan keuangan keluarga, kemudian memilah dan meminimalisir tingkat resiko yang ada dari setiap instrument investasi. Dengan investasi yang tepat, hal tersebut dapat memberi kontribusi positif untuk kesejahteraan keluarga.

Menabung emas atau berinvestasi di bidang property adalah salah satu peluang investasi yang memiliki prospek baik, untuk emas, produk investasi di Indonesia sudah sangat beragam jenisnya, sedangkan untuk property jenisnya lebih beragam lagi, tinggal kita sesuaikan dengan sesuai kebutuhan dan kemampuan kita. 

Obrolan Parenting hadir dengan beberapa pembicara yang ahli di bidangnya, dan kami akan melakukan pembahasan mendalam seputar Parenting & Family

GET IN TOUCH

  • Contact Us (WA) : 0822 2517 0580
  • Email Support : info@obrolanparenting.com